Bangunan TPQ, Posyandu, Penampunganan Air dari DD Sangatta Selatan 2020 Resmi Diserahkan

SANGATTA – Pemerintah Desa Sangatta Selatan melalui dana desa (DD) tahun anggaran 2020 mewujudkan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), posyandu, dan tempat penampungan air di beberapa wilayah di Desa Sangatta Selatan, Kutai Timur (Kutim), Kaltim.

Serah terima kunci bangunan secara simbolis resmi dilakukan oleh Camat Sangatta Selatan Hj Hasdiah SE MSi, di halaman Masjid Al-Akbar, Jalan Diponegoro, KM 05, RT 03, Desa Sangatta Selatan, Selasa (2/2/21) pagi. Turut didampingi Pj Kepala Desa Sangatta Selatan Bernadus Parembang, Ketua DPD LDII Kutim Damuri SP MSi, dan disaksikan Kepala Dusun, Kepala Posyandu, serta pihak terkait lainnya beserta masyarakat. Kegiatan diiringi dengan hiburan pencak silat Persinas ASAD cilik dan penampilan santri TPQ Al-Akbar.

Selain tempat penampungan air di Dusun Gunung Teknik, serah terima bangunan yakni TPQ Al-Akbar RT 03 Dusun Gunung Teknik dan TPQ Jabal Tsur RT 01 Dusun Bukit Raya. Kemudian TK-TPQ Lambat Salur 2019 yakni TPQ Nurut Taqwa RT 04 Dusun Masabang, TPQ Baitul Latief RT 05 Gunung Karet, dan TPQ Nur Babul Khoir di RT 03 Dusun Bukit Indah.

Adapun TPQ Al-Akbar, merupakan bagian dari binaan DPD LDII Kutim. Ketua DPD LDII Kutim Damuri turut mendukung pembangunan tersebut dan berharap agar sinergitas pembangunan dengan pemerintah bisa terus terjalin.

Juga serah terima Posyandu Edel Wais RT 01 Dusun Bumi Indah, Posyandu Melati RT 03 Dusun Pinang Mas, dan Posyandu Lavender RT 03 Dusun Silva Duta.

Ketua Panitia H Supriyanto S Sos menyampaikan rasa terimakasih kepada camat dan kades atas dukungan penuh terhadap masyarakat dalam mewujudkan TPQ dan Posyandu maupun tempat penampungan air. Serta kepada pihak terkait yang sudah mendukung terwujudnya bangunan melalui DD.

“Harapannya, bangunan ini bisa kami gunakan sebagaimana mestinya, agar insan santri bisa mengaji dengan baik di TPQ yang dibangun melalui dana desa,” ucap lelaki yang akrab disapa Anto itu.

Pj Kepala Desa Sangatta Selatan Bernadus Parembang menuturkan, semua yang diprogramkan dari DD tahun anggaran 2020 sudah direalisasikan. Inti dari kegiatan ini bahwa pihak pemerintah desa menyerahkan pengelolaan bangunan secara resmi.

“Pembangunan ini dilaksanakan diawali dari penyerahan hibah lahan kepada pemerintah untuk bisa dibangunkan. Ini adalah fasilitas yang dibangun pemerintah untuk masyarakat sehingga tak bisa dimiliki salah satu orang atau kelompok-kelompok kecil, dan ini dapat digunakan bersama bagi masyarakat,” papar Bernadus dalam pidatonya.

“Ketika sudah serah-terima kunci, maka tanggung jawab sepenuhnya diserahkan kepada pengelola,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Sangatta Selatan Hasdiah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada panitia yang telah mempersiapkan acara syukuran tersebut dengan sangat matang. Bahkan dirinya disambut dengan baik.

“Pembangunan di suatu daerah tanpa ada dukungan masyarakat tak akan berhasil. Kita perlu membangun, dan perlu ada hibah dari masyarakat agar bisa terbangun. Saya berterima kasih atas dukungan ini,” ucap Hasdiah.

Bangunan tersebut, lanjut dia, sudah diresmikan oleh bupati beberapa waktu lalu, sehingga momen tersebut hanya berupa serah-terima simbolis kunci disertai pemotongan tumpeng dan pemotongan pita bangunan TPQ Al-Akbar.

“Semua kegiatan tak mungkin tidak kita laksanakan, tapi kita ada aturan. Dengan adanya pembangunan ini, kami berharap dapat digunakan sebaik-baiknya dan dimanfaatkan maksimal, serta dipelihara. Jangan sampai yang kami upayakan menjadi sia-sia,” pinta Hasdiah.

Selain pembangunan, dirinya berharap imbauan pelaksanaan protokol kesehatan harus dijaga dan didukung semua kalangan.

“Agar membantu pemerintah melakukan pencegahan pandemi covid-19,” harapnya. (ray)

Tinggalkan komentar