Persinas Asad Kutim Gelar Kejuaraan Pasang Giri

Persinas Asad Kutim Gelar Kejuaraan Pasang Giri

SANGATTA – Perguruan Pencak Silat Persinas Asad Kutai Timur (Kutim) menggelar kejuaraan bela diri pasang giri. Seluruh warga LDII se-Kutim mengikuti kegiatan tersebut, laki-laki maupun perempuan, Minggu (31/3/19).

Pelaksanaan kegiatan dibagi di dua tempat. Yakni di Masjid Ulul Albaab, Jalan Permai Raya, Kecamatan Sangatta Utara, Kutim, dan di Masjid Khoirul Manshurin, Jalan Mahabarata, Gang Manshurin 1, Sangatta Utara.

Kegiatan tersebut semakin lengkap berkat kehadiran pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kaltim. Pidato singkat mengawali kegiatan. Pemukulan gong oleh Dewan Pendekar Persinas Asad Kutim menjadi tanda pembukaan acara.

Ketua DPD LDII Kutim KH Muflihun Assiddiqi mengatakan, warga LDII diarahkan untuk menekuni ilmu bela diri Pencak Silat. Dalam hal ini, Persinas Asad yang selama ini sudah sangat dikenal di kancah nasional maupun internasional, menjadi ilmu yang perlu dimiliki warga LDII.

“Maka dari itu, kegiatan pasang giri ini dilaksanakan untuk memeperbanyak generus mempelajari olahraga silat yang sudah jarang orang menekuni olahraga tersebut,” ungkap Muflihun.

Ketua Persinas ASAD Kutai Timur, H Muhamad Naim SE menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun. Yakni, setahun sekali pasanggiri tingkat kelurahan dan setahun sekali tingkat kecamatan.

“Peserta yang mengikuti sangat banyak, dari usia dini (9-12 tahun), praremaja (12-14 tahun), remaja (14-17 tahun), dewasa (17-35 tahun), Pembina (35-60), dan usia istimewa (60 tahun ke atas),” terang Naim.

Walaupun dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut sempat ditemani cuaca hujan, kegiatan dapat berjalan hingga selesai dengan lancar, tertib, dan aman. (zak/ray/*)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *