Touring JRI Kutim ke Kebun Buah Durian di Jalan Poros Km 13

Touring JRI Kutim ke Kebun Buah Durian di Jalan Poros Km 13

SANGATTA – Hutan Kalimantan yang sangat luas menyimpan banyak kekayaan alam flora dan fauna. Termasuk kebun durian yang terletak di Jalan Poros Km 13 Sangatta-Bontang, Kalimantan Timur.

Journey Riders Indonesia (JRI) Chapter Kutai Timur (Kutim) berkesempatan untuk menyambangi dan mencicipi langsung buah durian yang langsung diambil dari pohonnya, pada Selasa (5/2/2019).

Daud (45) adalah pemilik dari kebun durian seluas 3 hektare (ha) tersebut. Terdapat sekira 300 pohon durian di kebun itu, bahkan ada pula sederet pohon rambutan.

Daud mengaku, telah menanam pohon durian tersebut sejak 2003. Memang tak lekas. Pohonnya baru berbuah sejak dua tahun terakhir, yakni sekira 2017. Artinya, perlu menunggu 14 tahun sampai akhirnya bisa menikmati hasilnya.

Ketua DPD Kutai Timur yang kebetulan ikut hadir ikut memborong buah durian untuk dinikmati bersama-sama dengan anggota JRI Kutim.

Buah duriannya dibanderol cukup murah dari biasanya. Daud menjual durian jenis montong Rp 45 ribu per kilogram (kg), dan jenis durian lokal biasa Rp 35 ribu per kg.

Diketahui, Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia. Selain itu, Pulau Kalimantan dinobatkan sebagai penyangga paru-paru dunia karena memiliki hutan tropis yang luas. Hal ini yang membuat durian di Kutim, Kaltim, terasa lebih nikmat dan khas. (didi/ray)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *