Idul Adha, LDII Kutim Sembelih 158 Hewan Kurban

SANGATTA-  Kepedulian sosial warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kutai Timur sangat besar terhadap pelaksanaan kurban, sejak bartahun-tahun lalu. Kini, dalam rangkaian Iduladha 1439 hijriah, organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam tersebut berbagi daging hewan kurban sangat banyak.

“Kami menyembelih 158 hewan kurban pada Iduladha kali ini. Itu terdiri dari 106 ekor sapi dan 52 kambing,” jelas Ketua DPD LDII Kutim KH Muflihun Assidiqy, didampingi Ketua Panitia Kurban LDII H Siswahyudi.

Ditanya terkait nilainya, Muflihun memperkirakan, jika dirupiahkan seluruh hewan kurban tersebut mencapai  Rp 2,1 miliar. Jumlah itu lebih banyak dibanding Iduladha pada 2017 yang sebanyak 96 sapi dan puluhan kambing.

Semua hewan langsung disembelih pada hari itu juga. Setelah disembelih, daging kurban lantas dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima di Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Bengalon, dan sekitarnya. Juga didistribusikan melalui Baznas, MUI, Kampus STAIS, dan sejumlah masjid di Sangatta. Bahkan sampai didistribusikan ke Kecamatan Muara Wahau, Bengalon, Kaubun, Sangkulirang dan beberapa kecamatan lain.

Dari seluruhnya, penyembelihan terbagi di beberapa tempat. Terpusatnya kegiatan penyembelihan yakni di Masjid Ulul Albaab, Jalan Permai Raya, Sangatta Utara, menyembelih 40 ekor sapi. Sisanya dibagi ke lokasi penyembelihan kurban lainnya di Sangatta. Agar tali silaturahmi yang sudah ada semakin erat diantara sesama umat Muslim.

Muflihun menjelaskan, jumlah hewan kurban LDII selalu meningkat tiap tahunnya disebabkan tingkat pemahaman tentang pahala berkurban warga LDII lebih baik. Juga diiringi ekonomi yang semakin membaik, sehingga semakin mampu menyisihkan rezeki untuk berkurban.

Sekedar diketahui, LDII termasuk ormas Islam yang dikenal banyak dalam menyediakan dan menyembelih hewan kurban.

Muflihun yang juga didampingi Sekretaris DPD LDII Kutim H Imam Sujono Lutfi berharap, momentum kali ini menumbuhkan rasa saling berbagi, saling mengisi, dan saling meningkatkan rasa persaudaraan sesama umat Islam. Tujuannya agar di Hari Raya kali ini umat Muslim semakin kompak dengan meneladani nilai-nilai positif yang diwariskan Nabi dan perantara agama.

“Penyembelihan hewan kurban ini juga merupakan salah satu ibadah sesuai yang dilaksanakan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ‘alaihissalaam. Sehingga umat Islam diharapkan mengikuti jejak Nabi yang menjadi tauladan umat muslim sejagad tersebut. Serta menciptakan kepekaan dan kepedulian sosial kepada sesama umat,” tutur dia. (humaspemkab/hms3/*)

[ux_slider]

[ux_image id=”1090″]

[/ux_slider]

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *