LDII Kutim Sembelih 141 Hewan Kurban

SANGATTA– Kepedulian sosial pengurus dan warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kutim cukup besar. Momentum Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah atau hari raya kurban, dinilai sangat tepat bagi sesama umat Muslim untuk berbagi.

Terutama berbagi daging hewan kurban setelah penyembelihan sapi maupun kambing.

Hal ini terlihat dalam momentum kurban seusai salat Idul Adha, Minggu (1/9/2017).

Sebanyak 103 sapi dan 38 kambing disembelih sebagai hewan kurban, total 141 hewan kurban. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding Idul Adha tahun lalu sebanyak 85 sapi dan 28 kambing.

Semua langsung disembelih pada hari itu juga. Setelah disembelih, daging kurban lantas dibagikan kepada masyarakat di Kota Sangatta dan sekitarnya yang berhak menerimanya.

Ketua DPD LDII Kutim, Muflihun Assidiqy mengatakan kemungkinan tingkat perekonomian serta pemahaman arti berqurban warga lebih baik, sehingga mampu menyisihkan rezeki untuk berkurban. LDII termasuk ormas Islam yang terkenal banyak dalam menyediakan dan menyembelih hewan kurban.

Di Masjid Ulul Albaab tersebut, 43 ekor sapi disembelih, sementara sisanya dibagi ke lokasi penyembelihan kurban lainnya di Sangatta Selatan, hingga Masjid Ashaabul Jannah, Sangatta Utara. Agar tali silaturahmi yang sudah ada semakin erat diantara sesama umat Muslim.

“Saling berbagi, saling mengisi, dan saling meningkatkan rasa persaudaraan sesama umat Islam. Sehingga di Hari Raya Idul Adha ini umat Muslim semakin kompak dengan meneladani nilai-nilai positif yang diwariskan para Rasul,” jelas Muflihun.

Dijelaskan penyembelihan hewan qurban ini juga merupakan salah satu ibadah sesuai yang dilaksanakan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ‘alaihissalaam. Sehingga umat Islam diharapkan mengikuti jejak Nabi yang menjadi tauladan umat muslim sejagad tersebut, serta menciptakan kepekaan dan kepedulian sosial kepada sesama umat.

Lebih lanjut dijelaskan, pemahaman yang ditekankan kepada warganya adalah berdasarkan dalil di suatu hadis Nabi Muhammad SAW. Tidak ada suatu amalan yang bisa membandingi pahala menyembelih hewan kurban, dibanding seseorang pergi jihad dengan seluruh harta kemudian pulang hanya tinggal nama.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *